Pernahkah anda mendengar istilah CMT pada pabrik garment.berikut ini adalah penjelannya.
Dalam industri garment , CMT adalah suatu proses Cut, Make, dan Trim .
Definisi CMT adalah sebagai berikut;
- CUT =Memotong berarti memotong kain dengan pola garmen/busana sehingga menjadi potongan potongan yang siap di jahit.
- Make=Membuat adalah menjahit baju lengkap dengan accesoris yang di perlukan.
- Trim=Pangkas berarti pemangkasan sisa benang yang masih panjang setelah di jahit, membersihkan benang yang menempel dari garmen setelah selesai di jahit dan melakukan pengecekan(QC, finishing dan pengepakan garmen(packing).
CMT juga merupakan istilah penentuan harga dalam industri pakaian. Dalam manufaktur CMT, pembeli pakaian membayar produsen untuk proses pemotongan. Proses pra-produksi seperti pemrosesan pesanan, pengembangan produk, pembuatan pola dan pembagian pola, dan proses pasca-produksi seperti pengiriman barang ditangani oleh pembeli(buyer)
Manfaat manufaktur CMT untuk pemilik Merek
- Pemilik Merek dapat mengontrol kualitas kain dan kualitas produksesuai dengan bahan yang diinginkan..Kualitas garmen tergantung pada kualitas kain dan pemilihan yang tepat dari properti kain dari pabrik yang terkenal. Kedua, ketika buyer membeli kain dari produsennya langsung mereka dapat menghemat uang pada pembelian kain.
- Buyer dapat mengontrol biaya produksi dan pakaian jadi karena kain ada di tangan mereka. Mereka memiliki tim produsen kain berkualitas dan hubungan baik dengan pabrik kain. Biaya CMT terbuka untuk itu dan pabrik garmen dapat menawar harga CMT dan marjin mereka. Mereka tidak perlu memikirkan harga material dan overhead.
Manfaat manufaktur CMT kepada produsen
- Produsen CMT tidak perlu menginvestasikan uang untuk pembelian kain dan bahan baku lainnya. Sehingga dapat membuat biaya operasional pabrik mereka berkurang.
- Pabrikan CMT dapat mengurangi biaya overhead mereka dengan mempekerjakan jumlah minimum staf administratif
- Proses bisnis CMT tidak jauh rumit dan lebih mudah untuk analisis akuntansi dan biaya-manfaat
- Dalam hal penghasilan, produsen CMT, mereka tidak dapat mengenakan biaya terlalu banyak kepada pembeli mereka karena tidak ada biaya manufaktur dan overhead yang tersembunyi.
- Mereka tidak bertanggung jawab atas masalah kualitas yang terkait dengan kain karena kain disediakan oleh pembeli.
Di sisi lain, ada pabrik garment dengan paket lengkap (pemrosesan pesanan FOB) menangani pengembangan produk, sampling, produksi, pengiriman garmen hingga pelabuhan (dalam hal pesanan ekspor).
Anda mungkin tahu bahwa sebagian besar merek pakaian olahraga besar dan merek domestik yang baik sumber barang mereka dari manufaktur CMT.
Dalam rantai pasokan pakaian jadi, berbagai format manufaktur garmen ada. CMT adalah salah satu yang lama dan masih paling disukai untuk banyak pembeli pakaian.
Ketika kita berbicara tentang manufaktur CMT, produsen garmen CMT tidak membeli kain dan trim untuk produk. Kain dan trim disediakan oleh pembeli. Pabrik tidak perlu melalui pengembangan sampel dan proses pra-produksi lainnya. Mereka hanya berkonsentrasi pada proses produksi.